Selamat Datang di Website Romo Selamat Suwito
Selamat Datang dan Selamat Menikmati Blog Ini

ANTARA PRESTASI DAN KEGAGALAN

Minggu, 11 Januari 20090 komentar

“Penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku.” itulah kata Nabi Yusuf sebagaimana diabadikan dalam Al Qur’an surat Yusuf ayat 33.

Tanda-tanda kebahagiaan dan keberuntungan hidup seorang mukmin ada lima:

Setiap ilmunya bertambah, bertambahlah tawadhu’ dan kasih sayangnya.
Setiap amalnya bertambah, bertambah pula rasa takut dan kehati-hatiannya.
Setiap kali umurnya bertambah, berkuranglah ketamakan dan kerakusannya.
Setiap hartanya bertambah, bertambah pula kedermawanan dan pengorbanannya.
Setiap kali kedudukannya bertambah, bertambah pula kedekatannya kepada sesama manusia, memenuhi kebutuhan mereka dan rendah hati terhadap manusia.
(Al Fawaid, Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

Inilah Prestasi Mereka

Rasulullah saw
Rasulullah adalah manusia paling sibuk di dunia. Beliau adalah teladan utama dalam segala keadaan. Diantara aktifitasnya dalam mendidik umat, Rasulullah saw berperang sebanyak lebih dari 80 kali dalam tempo kurang dari 10 tahun. Beliau pun mampu mendidik keluarga menjadi keluarga sakinah-mawaddah-wa rahmah, mesra terhadap istrinya, santun erhadap pembantunya, penyayang terhadap fakir miskin, dan berbagai prestasi luar biasa yang harus kita teladani.

Zaid bin Tsabit ra
Sanggup menguasai bahasa Parsi hanya dalam tempo 2 bulan

Abu Hurairah
Masuk Islam usia 60 tahun pada tahun Khaibar dan selalu menyertai Rasulullah sepenuhnya. Ia meninggal di Madinah tahun 57 H. prestasinya luar biasa, dia meriwayatkan sebanyak 5374 hadits.

Anas bin Malik Al Anshari Al Khazraji
Pelayan nabi semenjak berusia sepuluh tahun dan terus menyertai Nabi selama duapuluh tahun. Dia wafat dengan meninggalkan 120 anak. Dia berusia panjang, lebih dari 100 tahun. Wafat di Bashrah tahun 93 H. Haditsnya yang dimuat di kitab-kitab hadits sebanyak 2286 hadits.

Abul Hasan bin Abi Jaradah
Menulis dengan khat-nya kitab-kitab berharga sebanyak tiga lemari. Satu lemari untuk anaknya, Abul Barakat, dan satu lemari lagi untuk anaknya, Abdullah.

Abu Bakar Al Anbari
Ia sakit karena seringnya membaca dan itulah yang membawanya kepada kematiannya. Ketika sakitnya teramat kritis, datang tabib untuk memeriksa air seninya. Tabib berkata, “Tuan telah melakukan sesuatu yang tidak pernah dilakukan oleh siapapun, sebenarnya apa yang telah tuan lakukan?” Al Anbari pun menjawab, “Aku membaca setiap pekan sebanyak sepuluh ribu lembar.”

Syekh ALI Ath Thantawi
Beliau membaca 100 – 200 halaman setiap harinya. Bila dikalkulasi dengan umurnya yang tujuh puluh tahun berarti beliau telah membaca sebanyak 5.040.000 halaman buku, baik buku besar maupun buku kecil. “Artikelku uang telah dimuat di media massa lebih dari 13.000 halaman, sedangkan yang hilang sejumlah itu juga dan bahkan lebih.”
Merekapun Pernah Gagal

Rasulullah saw
Sejak kecil beliau sangat akrab dengan masa-masa sulit. Dalam dakwahnya pun pernah mengalami masa-masa sulit yang disebut ‘Amul Huzni. Pergi ke Thaif pun beliau mendapat cemoohan dan lemparan batu hingga berdarah-darah. Beberapa kali pernah kalah dalam perang Uhud dan perang Hunain. Surat ‘Abasa mengabadikan teguran Allah kepada utusan tercinta-Nya. Tetapi semua itu adalah bagian dari proses belajar, contoh meniti jalan menjadi besar.

Abu Bakar
Abu Bakar pernah suatu ketika tidak teliti memakan makanan pembantunya yang didapatkannya dari praktek paranormal. Maka setelah tahu ia pun memuntahkannya agar tidak menjadi daging sehingga tak ada sedikit pun kesempatan api neraka yang mampir dan mengalir di tubuhnya.

Umar Bin Khatab
Umar juga pernah gagal. Di masa jahiliyahnya ia pernah menguburkan anak perempuannya hidup-hidupdan teramat dungu karena menyembah makanan lalu memakannya karena lapar. Tapi itu semua tak mengurangi kebesaran seorang Umar.

Imam Al-Ghazali
Imam Al-Ghazali adalah orang yang gemar mencatat ilmu-ilmu yang didapatkan hingga suatu saat dia berjalan membawa hasil ilmunya dan dirampok bawaannya. Perampok merebut bawaannya berupa catatan-catatan ilmu. Imam Al-Ghazali bersikeras merebutnya tapi dia malah di cemooh, masa mengandalkan ilmu dari catatan bukan dari hapalan dihati, “Al ilmu fish shudhuur laa fis suthuur“.

Ka’ab Bin Malik
Ka’ab Bin Malik pernah absen dalam perang tabuk, padahal dia sahabat utama nabi dan saat itu persiapan untuk perang dimilikinya komplit bahkan berlebih. Akibat ketidakturutsertaannya dalam perang tersebut, ia mendapat murka Allah dan sanksi yang diberlakukan padanya adalah diisolir 40 hari tanpa diajak berkata-kata. Apakah sikap dia ? Apakah dia putuh asa, membelot, membrontak, padahal ia ditawari raja Ghassan untuk menjabat jabatan empuk?

Fudhail Bin ‘Iyadh
Fudhail bin ‘Iyadh adalah ulama besar yang dulunya perampok besar. Mantan preman kenamaan. Sosok anker yang sangat ditakuti bahkan namanya menjadi momok, jaminan, garansi dan referensi bagi orang tua saat itu untuk menakut-nakuti anaknya yang tidak patuh. Namun ia sadar dan menjadi ulama besar bahkan beliaulah diantara ulama yang memiliki ketajaman hati bahwa ibadah yang diterima Allah adalah yang ikhlas niatnya karena Allah dan benar caranya menurut tuntunan rasulullah.

Kreatifitas, kegigihan dan keuletan dalam melakukan percepatan diri adalah kunci sukses karya besar orang-orang biasa dalam meluarbiasakan dirinya.
QAF Management
QUDRAH
QIMAH
QUWWAH
QANA’AH
QUDWAH

Bersiaplah Menghadapi Kegagalan
Para pemenang berpikir tentang apa yang dapat dan akan mereka lakukan.

Orang-orang yang gagal berpikir terus tentang apa yang tidak dapat dan seharusnya mereka lakukan.
Mengapa orang akan tenggelam apabila jatuh ke dalam air?

Orang tenggelam karena dia menetap di situ dan tidak menggerakkan dirinya ke tempat lain.

Ukurannya adalah Bangkit Lagi

Jangan ukur seseorang dengan menghitung berapa kali dia jatuh, ukurlah ia dengan beberapa kali dia sanggup bangkit kembali.

Milikilah Kesabaran
Milikilah Ketabahan
Menarik Hikmah, Jangan Menyerah
Silahkan share artikel ini : :
 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger