Selamat Datang di Website Romo Selamat Suwito
Selamat Datang dan Selamat Menikmati Blog Ini

RANGKUMAN KIMIA

Minggu, 24 Maret 20130 komentar



1.    Rankumlah empat teori atom dengan cakupan prisip utama keempat teori atom itu, kelebihan dan kekurangan  masing-masing teori erta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hati!
2.    Mengapa teori aom penting dipahami dan bagaimana pula penerapannya dalam bidang kesehatan, pertanian, industry, sandang, dan pangan!
3.    Atom memiliki isotop, uraikan pula pemahaman anda dengan menguraikan nisotop, kestabilan isotop serta manfaat dalam bidang pertanian!

                           JAWAB
1.    Teori atom Dalton mengemukakan pendapat tentang atom,molekul,elemen dan campuran kimia.  Dia memperjelas bahwa meski jumlah total atom di dunia sangat banyak, tetapi jumlah dari berbagai jenis yang berbeda agak kecil. Meskipun perbedaan tipe atom berlainan beratnya, ia tetap berorasi yaitu tiap dua atom kelompok serupa adalah sama dalam semua kualitasnya, termasuk "massa" (kuantitas material dalam suatu benda diukur dari daya tahan terhadap perubahan gerak).
Model atom Dalton, ilmiah yang pertama kali di argumenkan, sebab dilandasi fakta temuan eksperimen, yakni hukum kekekalan massa dan hukum perbandingan tetap. atom tidak dapat dimusnahkan, maka tidak ada massa yang tercipta ataupun musnah dalam suatu reaksi kimia. Dalton merupakan salah satu ilmuwan awal yang melakukan eksperimen dan penelitian tentang atom, walaupun sebelumnya ada pakar juga yang bernama Democritus. Ia menyatakan konsep tentang atom tetapi hasil pemikirannya sama sekali tidak didasari hasil suatu percobaan.
Beberapa teori atom yang dinyatakan John Dalton mempunyai kelebihan, diantaranya:
Ø  dua buah atom atau lebih yang berasal dari unsur-unsur yang sama maupun yang tidak sama dapat membentuk suatu molekul.

                  Contoh :   *           Untuk unsur-unsur yang sama
                                 O2, H2, N2, O3, dll.
                      *           Untuk unsur-unsur yang berbeda
                                 H2O, H2SO4, HCl, dll.
Ø  Teori atom yang menyatakan bahwa atom-atom yang bersenyawa membentuk molekul memiliki perbandingan tertentu, sehingga melahirkan hukum kekekalan massa Lavoiser (jumlah massa sebelum dan sesudah reaksi adalah konstan).
Ø  Memotivasi para ilmuwan lain untuk mengkaji lebih jauh tentang atom, sehingga muncullah teori atom yang lebih komplek seperti : teori atom Thomson, teori Rutherford, dan teori Niels Bohr.

Selain memiliki kelebihan juga memiliki kekurangan diantaranya yaitu :
-        Atom merupakan bagian terkecil suatu materi yang tidak dapat dibagi lagi, sedangkan pada kenyataannya atom masih dapat dibagi lagi menjadi sub-sub atom yang terdiri (proton, neutron, dan elektron) kenyataan ini dapat dibuktikan oleh Thomson melalui percobaannya.
-       Dalam teori John Dalton belum dapat menjelaskan gagasan tentang inti atom sesuai yang dinyatakan Rutherford, dari hasil percobaannya dengan menggunakan sumber partikel Alfa.
-       Teori yang dinyatakan John Dalton mengenai atom asih sangat sederhana dan masih banyak kekurangannya, dimana teori John Dalton belum bisa menjelaskan tentang adanya tingkat-tingkat energi (kulit-kulit) dalam atom, lintasan-lintasan stasioner dalam atom, dan pancaran atau penyerapan energi dari masing-masing lintasan dalam atom.
-       Dalam perkembangan zaman dan seiring kemajuan teknologi mungkin akan lebih banyak pembuktian bahwa teori atom yang dinyatakan John Dalton masih sangat sederhana dan banyak pula kelemahannya. Contoh dari pendapat Dalton yang salah :
“Atom-atom pada suatu unsur tertentu adalah identik, artinya memiliki massa, ukuran dan sifat-sifat yang sama”, tapi para ilmuwan lain dapat menunjukkan bahwa atom-atom dari unsur yang sama dapat memiliki massa dan ukuran yang berbeda.
Adapun manfaat dari atom Dalton,yakni; terbukti bahwa para kimiawan memakainya dalam campuran kimia. Seperti pada alat kosmetik, suplement makanan, dan lain sebagainya
Teori atom J.J Thomson berdasarkan penemuan tabung katode yang lebih baik oleh William Crookers, maka J.J Thomson meniliti lebih lanjut tentang sinar  katode juga yang diletakkan di dapat dipastikan bahwa sinar katode merupakan partikel, sebab dapat memutar baling-baling yang diletakkan diantara katode dan anode. Dari hasil eksperimen ini, Thomson menyatakan bahwa sinar katode merupakan partikel penyusun atom (partikel sub atom) bermuatan  negative dan selanjutnya  dinamakan  electron.
 Adapun kelebihan model atom Thompson antara lain:
v  Membuktikan adanya partikel lain bermuatan negative dalam atom. Berarti atom bukan bagian terkecil dari suatu unsur.
Teori  atom ini juga mempunyai kelemahan :
v Model Thompson tidak dapat menjelaskan susunan muatan positif juga  negative pada bola atom tersebut.
Manfaat teori ini dalam kehidupan ialah,
Teori atom Bohr memperbaiki kegagalan atom Rutherford melalui percobaannya yakni spectrum atom hydrogen. percobaan ini berhasil memberikan gambaran keadaan electron dalam menempati daerah disekitar inti atom. Penjelasan bohr tentang atom hydrogen melibatkan gabungan teori klasik dari Rutherford dan kuantum dari Planck.
Kelebihannya :
v Atom terdiri dari beberap kulit untuk tempat perpindahannya electron.
Kelemahannya :
v Sukar menjelaskan efek Zeeman dan efek Strack.
Manfaat dalam kehidupan:
Atom Rutherford berdasarkan kepada percobaan yang
menyerupai tata surya dimana massa atom (proton& neutron) berpusat di inti atom dan electron yang dianggap tak bermassa menari- nari indah di orbitnya masing-masing berjauhan sehingga lebih banyak ruang kosong.
Kelemahannya :
 Tidak mampu mejelaskan bagaimana electron negative bisa stabil menari       indah tanpa jatuh ke proton positif .
Kelebihanya

2. Karena
 Dalam bidang kesehatan  dikenal dengan Isotop radioaktif. Tekhnologi ini memberikan sumbangan yang sangat berharga dalam hal diagnosis dan terapi berbagai penyakit termasuk yang menjadi lebih penting secara epidemologis sebagai konsekuensi logis dari pembangunan di segala bidang yang telah meningkatkan kondisi social ekonomi masyarakat.
Dalam kedokteran menggunakan radium untuk pengobatan penyakit tubercolusis pada kulit. I-131 sangat dibutuhkan sebagai diagnostic dan terapi, khususnya kanker  kelenjar tiroid. Perkembangan ilmu kedokteran  dimungkinkan berkat dukungan perkembangan teknologi instrumentasi untuk pembuatan citra dengan digunakan computer.
Pada kedokteran Nuklir ,radioisotop biasa dimasukkan ke dalam tubuh pasien (studio invivo) maupaun hanya direaksikan saja menggunakan bahan biologis  antara lain darah,cairan lambung, urine dan sebagainya, di ambil dari tubuh pasien lebih akrab sebagai studio in- vitro(di gelas percobaan). Pemeriksaan kedokteran nuklir banyak menolong dalam menunjang diagnosis berbagai penyakit,yakni penyakin jantung koroner, kelenjar gondok, gangguan fungsi ginjal , menentukan tahapan penyakit kanker dengan mendeteksi penyebaran pada tulang, mendeteksi pendarahan pada saluran pencernaan makanan dan menentukan lokasinya ,serta masih banyak lagi.
               Pada bidang industri sebagai pencari jejak dimanfaatkan di banyak pengujian. Kebocoran dan dinamika fluida di dalam pipa pengiriman gas maupun cairan dapat dideteksi menggunakan ini. Zat yang sama atau memiliki sifat yang persis dengan zat yang dikirim diikut sertakan dalam pengiriman sesudah ditandai . keberadaan radioisotop dapat dicari jejaknya sambil bergerak dengan cepat, sehingga pipa transmisi minyak atau gas bumi  dengan panjang ratusan bahkan ribuan km dapat dideteksi kebocorannya dalam waktu relatif singkat. Selain itu juga bisa digunakan untuk menguji kebocoran tangki penyimpanan ataupun reaksi, Ini menggunakan radioisotop asal jenis gas mulia yang inert. Misalnya Xenon-133 (Xe-133) atau argon-41 (Ar-41) , agar tidak mempengaruhi zat atau proses kimia yang terjadi di dalamnya.
Dalam bidang pertanian atom dapat digunakan sebagai pengawetan bahan pangan , untuk pencarian bibit unggul, perunut kebocoran irigasi , alat bantu analisa dan intrumentasi proses produksi.
Dalam hal pengawetan bahan pangan, bisa diberi contoh pada ozon .
Ozon yakni tumbukan dari electron yang dihasilkan oleh electrical discharge dengan molekul dua buah atom oksigen.  Ozon dapat dipakai untuk mengawetkan bahan mentah makanan dengan cara menghambat
perkembangan jamur .  atom dalam pertanian juga bisa digunakan sebagai untuk mencari varietas yang lebih baik.
Dalam kebutuhan sandang dan pangan sangat penting dalam sandang. Contoh alat dapur.
3. Isotop adalah bentuk dari unsure yang nukleusnya memiliki nomor atom yang sama-jumlah proton di nukleus- tetapi dengan massa atom yang berbeda karena mereka memiliki jumlah neoton  yang berbeda.
Kata isotop, berarti di tempat yang sama, berasal dari fakta bahwa seluruh isotop dari sebuah unsur terletak di tempat yang sama dalam table periodic. Secara bersama, isotop-isotop dari unsur-unsur membentuk suatu set nuklida. Sebuah nuklida adalah satu jenis tertentu nukleus atom, atau lebih umum sebuah aglomerasi proton dan neutron. Lebih tepat lagi untuk mengatakan bahwa sebuah unsur seperti fluorine terdiri dari satu nuklida stabil dan bukan dia memiliki satu isotop stabil.
Dalam nomenklatur ilmiah, isotop (nuklida) dispesifikasikan berdasarkan nama unsur tertentu oleh sebuah "hyphen" dan jumlah nukleon (proton dan neutron) dalam nukleus atom (misal, helium-3, carbon-12, karbon-14, iron-57,uranium238). Dalam bentuk simbolik, jumlah nukleon ditandakan sebagai sebuah prefik naik-ke-atas terhadap symbol kimia (misal, 3He, 12C, 14C, 57Fe, 238U).
Di bidang pertanian radio isotop digunakan merunut gerakan pupuk di sekitar tanaman setelah di tabur.
 
Silahkan share artikel ini : :
 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger