Selamat Datang di Website Romo Selamat Suwito
Selamat Datang dan Selamat Menikmati Blog Ini

GERAKAN MODERN ISLAM DI INDONESIA

Senin, 28 Januari 20130 komentar



GERAKAN MODERN ISLAM DI INDONESIA
Gerakan Modern Islam  di Indonesia bukanlah dimulai tahun 1911 berdirinya Sarekat Dagan Islam atau tahun 1912 dengan berdirinya Muhammadiyah atau tahun 1906 dengan terbitnya Al-Imam (di Singapura) atau tahun 1911 dengan diterbitnya majalah Al-Munir di Pdang atau didirikan sekolah adabiyah dibangun di padang atau tahun 1905 dengan berdirinya Jami’at Khair (Djami’at Chair) di Jakarta.  Organisasi-organisasi, berdirinya sekolah dan terbinya majalah-majalah. Tapi pemikiran, gerakan pemikiran entah ajakan perorangan  atau kelompok masyarakat umumnya lebih dahulu dari tahun-tahun resmi tadi.
Tahun 1942 tahun pergantian penguasa di Indonesia  dari tangan Belanda ke Jepang. Organisasi Islam yg tetap eksis selepas masa sesudah merdeka Organisasi Islam; Muhammadiyah, NU, Perti, PSII, Persatuan Islam. Organisasi bukan Islam PNI, Parindra, PKI.
Dalam masa merdeka dan perkembangan periode 1900-1942 yang terjadi:
1.Soal Khilafiayah à ubudiyah (tahayul Khurafat) dijadikan ajang pemilihan umum 1955 antanra Nu VS Muhammadiyah tapi pemilu 1971 dan 1978 soal ini tidak muncul.
2. Sifat Fragmentasi Kepartaian; sifat ini menonjol masa tahun 1920-1942 pecah dua kalangan Islam PSII (Partai Sarekat Islam Indonesia) muncul Permi, Perti, Parii, Penyadar, PII dan PSII Kartosuwiryo. Pada kalangan Kebangsaan (yang mengaku netral terhadap agama) muncul PNI,Partindo,Gerindo,PBI dan BU (yang bergabung menjadi Parindra) dan Parpindo.
Pada Bulan November 1945  Masjumi mengaku menjadi wadah partai Islam  tapi setelah itu muncul Perti (1945), PSII(1947), NU (1952), PPTI, dan kemudian Parmusi
3. Kepemimpinan yang bersifat pribadi.
4. Perbedaan dan Pertentangan faham
Kalangan Islam berbeda dalam soal ideology contoh dalam siding-sidang konstitusi tahun 1956-1959 menempatkan Islam dalam kalangan satu barisan yang kokoh tapi ketika Demokrasi Kepemimpinan kalangan Islam menjadi pecah  ada yg menolak citra dan konsep Soekarno tentang Ideologo dan sebagian menerima.
Pada masa ORBA terjadi penolakan dari pemerintah terhadap Masjumi untuk berdiri kembali. Faham yg sering di pertentangan adalah nasinalisme atau kebangsaan.
Pada masa itu juga terjadi pertentangan antara faham koperasi dan non koperasi yang mana PSII memegang prinsip non kperasi dengan pemerintah Belanda sehingga PSII menolak dan memecat H. Agus Salim dengan gerakannya PENYADAR ygn berkoperasi. Salim semnjak tahun 1915 adalah orang kedua sesudah Tjokroaminoto meninggal tahun 1934 orang pertama dalam PSII

1.       Hubungan dengan Pemerintah
Hubungan pemerintah dengan hubungan kita dengan penjajahan sangat berbeda walaupun pada sifat ada kesamaan  seperti masa penjajah ada kita jumpai sikap koperasi dan non-koperasi
Sedang dalam masa pemerintah, pemerintah penjajah mesti dihancurkan. Maka diterima slogan Soekarno untuk “membentuk kekuatan” (machtsvorming)  dan “mengarahkan kekuatan” (machtsaanwending) untuk musuh yg dihadapi.
Tapi pada masa Demokrasi Kepemimpinan Soekarno melihat oposisi adalah musuh dan juga perlu dihancurkan seperti slogannya diatas. Kalau kalangan NU berfikiran dengan menolak mafsadah haruslah didahulukan untuk mencapai  maslahah. Meminjam ajaran Imam Syafei “yang buruk dan yang baik disini bias diterapakn terhadapa pihak lain dan diri sendiri. Bila diterapkan terhadap pihak lain, ia berupa alternative apa yang hendak dipilih : umpama Soekarno atau PKI (jelas pilihan itu Soekarno). Bila alternative itu ditujukan terhadap diri, ia bias berupa: kehancuran seperti Masjumi tahun 1959 atau kelangsungan Hidup. Tetapi orang juga dapat mempetanyakan kemungkinan alternative  secara lain : berjalan sendiri-sendiri ataukah bersama-sama.
Dalam zaman jajahan alternative juga dihadapi : Digul ataukah kemanan diri? Penjara atau ketenangan berkumpul dengan keluarga atau kawan-kawan?
Sikap pemerintah tergantung dari kalangan Islam apabila adem ayem dibiarkan tapi apabila memperlihatkan kekkerasan atau militansi seperti pan Islam di zaman jajahan Belanda yg mesti diawasi dengan ketat.
Contoh pengawasan haji
Apabila berhubungan dengan dengan orang-orang luar negeri diawasi ketat tapi masalah ubudiyah dan social dibiarkan
Di zaman merdeka banyak kebebasan tapi masih ada pengarahan dan pengawasan dalam masa 1957 masjumi masih memperoleh kesempatan bepartisipasi dalam pemerintah kecuali pada cabinet Ali I 1953-1955.
Dalam masa Demokrasi Kepemimpinan Islam jadi umpan untuk mengikuti organisasi seperti konfrensi Asia Afrika
Masa orde baru dimulai dengan bulan madu kalangan Islam dengan pemerintah. Ada persamaan antra zaman penajajahan dan orba tentang monopoli penyelenggaraan haji oleh pemerintahan Soeharto. Juga dikalangan Belanda dkenal denal dengan kapal Kongsi Tiga.
Tapi monopoli ini mencerminkan kekahwatiran bagi pihak diluar Islam bagi para jamaah haji yang berbulan-bulan dalam ibdah loyalitas dan solidaritas bersama, pendalama agama dan faham-faham serta masalah agama dipupuk saat itu. Pemerintah Belanda khawatir dan mengwasi dengan ketat dan disinilah muncul C.Snouck Hurgronje.
Gerakan Internasional modern kalangan Islam  Nama Tjokroaminoto, KH. M.Mansur, H. Agus Salim, dan Abdul Kahar Muzakkir. Moh. Natsir dan Roem adalah tokoh masa kini
Mayoriti umat islam yang berkembang memiliki masalah yang sama iaitu ledakan penduduk dan meningkatnya tuntunan-tuntunan keperluan dari penduduk.
Semenjak Islam berdiri ada dua aspek pertama agama dan masyarakat atau politik.
Perbedaan dalam kalangan masyarakat Islam di Indonesia tampaka nyata pada Pemilu 1955 muncul Emapt Partai Besar
1.       PNI 8,5juta  (22,3%)
2.       Masjumi 8 Juta (20,9%)
3.       NU 7 Juta (18,4%)
4.       PKI 6,1 juta (16,4%)
Partai Isalm yang Kecil : Partai Syarikat Islam Indonesia, Perti dan Persatuan Tharikat Islam  dan Angkatan Kesatuan Umat Islam

 Walaupun pada hakekatnya di Partai yang tidak berdasarkan Islam ada orang-orang yang beragama Islam sendiri.
Kedudukan Islam  di zaman penjajahan terutama periode 1900-1942 adalah terbagi masyarakat Islam ke kaum tua dan kaum muda
Perpecahan disebabkan
1.       Agama (Nasionalis agama)
2.       Politik (nasionalis yang netral
3.       Orang Isalam disbut bumi putera atau melayu, wong Selam (Islam)
4.       Barat dan Belanda disamakan dengan Kristen
Kaum muda mencoba menghapuskan bid’ah dan khurafat dan tanpa mengikat diri pada tradisi yang ada.
Masjumi dibubarkan tahun 1960an oleh orba dan hanya mengakui PNI, PKI, NU, PArkindo, PSII, Perti, Murba, dan Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI).
Dalam tahun 1968 sebuah partai baru Partau Muslimin Indonesia (Parmusi) berdiri dan pemerintah melarang setiap usaha untuk mendirikan masjumi akhirnya lahirlah PPP.
Saking menyedihkan orang islam yang sekolah di sekolah HIS (Holland Inlands School) yang bapaknya haji tak boleh.
Fiqh berhenti pada mazhab yang empat dan pengajaran di pesantren lebih pada mistik yang disebut dgn Tarekat ya yg terkenal naqsabandi, syatary dan kadariyah. Pentingnya pendidikan mistik di Indonesia janganlah dianggap remeh
Panteisme juga berkembang daripada budaya Hindu dan Budha
Di Minangkabau banyak tokohnya tidak mau pulang dikarenakan adat yang bertentangan dengan Islam diantaranya
1.       Syaikh Ahmad Khatib Imam Mesjid Haram Mekkah
2.       H. Agus Salim (1884-1954)
3.       Syaikh Tahir Djalaluddin (1869-1956) memilih Malaya sebagai daerah pengabdiannya selepas belajar di Kairo
Hurgronje berpendapat sampai tahun 1700 Islam dpengaruhi oleh India dan lama kelamaan pengaruh itu langsung dari tanah arab.
Pemberontakan masalah agama di Jawa dilakukan oleh Ponegoro di Jawa Tengah (1825-1830) dan di Cilegon di daerah Banten (1888) yang dipimpin oleh Haji Wasid kerana Belanda mencoba menghancurkan menara dan melarang azan dan baca selawat dengan mic.
Bedanya Belanda awal datang adalah dagang sedagkan Spanyol dan Portugis memang sengaja untuk memerangi Islam dan mengkristenkan.
Usahakan yang dilakukan Belanda untuk merebut hati orang Indonesia ada dua pandangan
1.       Mengandung unsure budaya (bagaimana budaya mereka masuk ke Indonesia)
2.       Bagaimana mengubah agama penduduk.
Misi Kristen pertama mendirikan perkampungan Kristen pertama di Mojokerto (Jawa Timur) dalam tahun 1844 dilanjutkan di ciders (Cirebon), Pengharepan (Sukabumi), Palalongan di dataran Cihea di Priangan.
Syaikh dan pengikutnya dianggap berbahaya bagi misi Kristen belanda seperti orang-orang  sanusi terhadap kekuasaan Perancis di Aljazair.
Pegawai atau ulama yang bekerja di pemerintahan belanda tidak boleh diutus ke negeri dimana masyarakatnya belum beragama walaupun pada hakekatnya para pegawai tersebut dengan suka rela tanpa dibayar.
Bahaya lain yang dilihat belanda adalah sifat internasional dalam jamaah haji
Usaha pihak Belanda mengawasi jemaah haji Indonesia dengan pembukaan konsulat Belanda di Jeddah tahun 1872. Pemerintah Belandapun mengirimkan seorang ilmuwan Islamnya iaitu Christiaan Snouck Hurgronje. Enam bulan tinggal di Jeddah dengan ganti nama Abdul Gaffar dan enam bulan pula di Mekkah (1885). Dia akan lama tinggal di mekkah bila tidak diusir  karena dituduh mencuri sebuah batu yang mempunyai nilai sejarah.

Silahkan share artikel ini : :
 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger