Selamat Datang di Website Romo Selamat Suwito
Selamat Datang dan Selamat Menikmati Blog Ini

profile teladan

Rabu, 10 Desember 20080 komentar

Al-Hasan Al-Basri Belajar Ilmu dari Sahabat Rasulullah Saw. Tgl. publikasi: 17/7/2001 11:29 WIB eramuslim, Nama asli beliau Al-Hasan bin Yasar. Belilau dilahirkan di Madinah sekitar tahun 30 Hijrah dan dibesarkan di rumah isteri-isteri Nabi Saw. terutamanya di rumah Ummu Salamah Ra. Beliau dididik di rumah Ummu Salamah Ra., salah seorang wanita Arab yang memiliki kesempurnaan akal pikiran, seorang yang mempunyai kelebihan dan kebijaksanaan, istri Rasulullah Saw. yang memiliki ilmu sangat luas, istri Nabi Saw. yang paling banyak meriwayatkan hadis dari Rasulullah serta termasuk di kalangan kumpulan kecil wanita yang pandai menulis pada zaman jahiliah.
Al-Hasan juga mendapat penghormatan karena pernah menyusu kepada Ummul Mukminin Ummu Salamah Ra. ketika ibu beliau keluar untuk beberapa keperluan. Waktu itu beliau masih kecil dan masih menyusu. Ketika beliau menangis kelaparan, Ummu Salamah Ra. mengambilnya lalu menggendongnya dan membiarkannya menyusu. Padahal waktu itu tidak ada air susunya. Hal itu dilakukan agar Al-Hasab tidak menangis. Karena Ummu Salamah sangat sayang kepada Al-Hasan, tiba-tiba Allah menakdirkan Ummu Salamah mengeluarkan air susu, sehingga Al-Hasan dapat menyusu dan berhenti menangis.
Pada masa kecil, Al-Hasan senantiasa hidup berpindah-pindah di antara rumah-rumah Ummul Mukminin. Kehidupan yang demikian menyebabkan Al-Hasan terdidik di dalam suasana yang baik.
Al-Hasan belajar kepada sahabat-sahabat yang terkemuka di masjid Rasulullah Saw. seperti Utsman bin Affan, Abdullah bin Abbas, Ali bin Abu Thalib, Abu Musa Al-Asy'ariy, Anas bin Malik, Jabir bin Abdullah, dan Abdullah bin Umar.
Ketika usia Al-Hasan menginjak 14 tahun, beliau bersama kedua orangtuanya pindah ke Basrah dan menetap di sana. Pada masa tersebut, Basrah merupakan salah satu pusat ilmu pengetahuan terbesar di mana masjidnya sering dikunjungi oleh para sahabat terkemuka terutama Abdullah bin Abbas. sahabat yang sering didekati Al-Hasan untuk mempelajari ilmu Tafsir, Hadis, dan Qiraat.
Selain dari Abdullah bin Abbas, Al-Hasan juga mempelajari ilmu Fikih, Bahasa dan Adab dari para sahabat sehingga beliau muncul sebagai orang yang paling alim pada zamannya. Akhirnya ramai orang mengikuti pengajian beliau. Kepandaian dan kemasyhuran beliau makin tersebar, sehingga beliau sangat disayangi oleh banyak orang.
Silahkan share artikel ini : :
 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger